Beberapa pola manajemen koperasi yang akan membantu koperasi mencapai tujuannya :
Perencanaan
Merupakan
sebuah proses dasar manajemen. Perencanaan yang baik bersifat
fleksibel. Sebab, perencanaan akan berbeda dalam situasi dan kondisi
yang berubah-ubah. Jika diperlukan, dalam pelaksanaan sebuah rencana
diadakan perencanaan kembali, sehingga semakin cepat cita-cita atau
tujuan organisasi untuk dicapai.
Pengorganisasian
Suatu proses untuk merancang
struktur formal, mengelompokkan, dan mengatur serta membagi tugas-tugas
atau pekerjaan di antara anggota organisasi. Pelaksanaan
pengorganisasian mencerminkan struktur organisasi yang mencakup beberapa
aspek penting, seperti pembagian kerja, departementasi, bagan
organisasi, rantai perintah dan kesatuan perintah, tingkat hierarki
manajemen, dan saluran komunikasi.
Struktur Organisasi
Pengurus
perlu merekrut karyawan yang bertugas membantu pengurus, dalam
mengelola dan mengurus koperasi agar pekerjaan koperasi dapat
diselesaikan dengan baik. Adanya berbagai pihak yang ikut membantu
pengurus mengelola usaha koperasi, semakin kompleks pula struktur
organisasi koperasi. Sehingga, pemilihan struktur organisasi koperasi
harus disesuaikan dengan bentuk usaha, volume usaha, maupun luas pasar
dari produk yang dihasilkan.
Pengarahan
Pengarahan
merupakan fungsi manajemen yang terpenting, karena masing-masing orang
yang bekerja dalam suatu organisasi mempunyai kepentingan berbeda. Agar
kepentingan itu tidak saling berbenturan, pimpinan perusahaan harus
dapat mengarahkan supaya tujuan perusahaan tercapai.
Pengawasan
Tujuannya
agar pelaksanaan kegiatan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.
Hal ini merupakan usaha sistematik yang membuat segala kegiatan
perusahaan sesuai dengan rencana. Proses pengawasan bisa dilakukan
melalui beberapa tahap, yaitu menetapkan standar, membandingkan kegiatan
yang dilaksanakan dengan standar yang telah ditetapkan, mengukur
penyimpangan-penyimpangan yang terjadi, lalu mengambil tindakan evaluasi
jika diperlukan.
http://lensa.diskopjatim.go.id/warta-koperasi/manajemen-koperasi/419-pola-manajemen-koperasi.html
Bagaimana penerapan pola manajemen yang baik bagi koperasi Indonesia?
Sebuah koperasi harus memiliki 6 pola yang harus diterapkan yaitu Perencanaan, Pengorganisasian, Struktur, Organisasi, Pengarahan, dan Pengawasan. Ketika pola pola tersebut telah berhasil diterapkan dengan baik dan dapat dilaksanakan dengan koperasi koperasi di indonesia, maka koperasi itu akan semakin baik.
Rabu, 06 November 2013
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar